Sunday, March 31, 2013

Bahaya Bikin Orang Sakit Hati

hay.... mau entri tentang Rani Bijak nih
liat judulnya? ya berarti ada hubungannya sama tentang perasaan, dan skrg yang dibahas itu 'sakit hati'
sesuai judulnya, bahaya bikin orang sakit hati
emang bahaya ko bahaya banget hahahahahahahaha
baru jadi korban nih hahahahahahaha curhat dikit hahahahaha
sebelum gua bahas bahaya nya gimana gua pengen bahas dulu hal-hal yang bisa bikin orang sakit hati. cekidot beybih!



  • Bercanda kelewatan
 Dengan alasan pertemanan, atau udah deket gitu, seseorang kadang seenaknya mengolok/mencemooh seseorang. sadar ga sih kalian? walaupun kalian bilang itu cuma bercanda dan si korban terima itu bercandaan, tapi pasti ada rasa sakit, walaupun sedikit, di hati si korban. ya ga? ya mungkin kalo udah deket sih ya selow aja kali ya. kalo ini orang belum lama kenal? bercanda tp kelewatan banget, misal bawa2 ras, fisik, budaya, atau apapun yg bisa bikin orang tersinggung. tuh makanya hati-hati loh guys kalo bercanda. bercanda boleh, tp jangan asal, inget batas.


 
  • Ngasih kritik ga disaring
ngasih kritik itu bagus, bagus banget. tapi kadang, ga semua orang bisa terima kalo dia dikritikin. apalagi kata2 kritikannya pedes ga disaring. yang ada bukannya ngebangun semangat atau dijadiin motivasi buat ngerubah diri, tapi malah bikin orang keki. kalo kalian mau kasih kritik, sebisa mungkin bikin kalimatnya itu ga bikin orang sakit hati, minimalisir lah gitu. dan kalo lu ngasih kritik, jgn cuma kritik aja, kasih juga saran buat dia, kasih jalan keluar.
 
  • Nyindir
pernah ga kalian disindir? tau ga gimana sakitnya disindir? sakit, banget......... haha-_- ngasih kritik terang2an baik2 aja kadang masih ada orang yg sakit hati, apalagi nyindir... biasanya orang yg disindir ngakunya "gua ga peduli deh mau disindir gimana juga". sesungguhnya, orang yg bilang "gua ga peduli" itu masih peduli. kalo dia bener2 ga peduli, buat ngomong "ga peduli" juga ga bakal kepikiran *alah*. jadi menurut gua, nyindir itu adalah siluman jahatnya dari ngasih kritik.



sebenernya, banyaaaaak banget hal-hal yang bisa bikin orang sakit hati. kalo dipikirin apa aja sih gua bingung._. haha
kita bisa nyakitin hati orang tuh secara sadar atau ga sadar...


kalo lu sadar lu nyakitin hati orang, cepet minta maaf
sumpah, keterlaluan banget lu sadar lu bikin orang sakit hati tapi lu bodo amat
sebelum lu lakuin sesuatu sama orang, coba dipikir kalo lu yg ada di posisi orang itu, lu bakal terima apa ga lu diperlakukan seperti itu? lu bakal sakit hati apa ga? kalo lu ga bisa terima dan bakal sakit hati, ga usah lakuin itu.

tau ga? orang yg berniat jahat, tapi ga jadi ngelakuin itu, dapet pahala loh ;)
dan orang yg baru aja berniat melakukan kebaikan itu dapet pahala, apalagi dilakuin kan


kembali ke judul. kenapa bahaya? ini sih kata emak gua, tp gua jg percaya sm ini
kalo salah sama Allah, minta maaf gampang, Allah pemaaf
kalo salah sama manusia, susah, kalo dia sakit hati ga bisa maafin, apa Allah bisa maafin juga? apalagi si pelaku ga minta maaf... bukannya bikin orang sakit hati itu dosa?

tau kenapa fitnah dibilang lebih kejam dari pembunuhan?
karena sakit hati yg timbul setelah fitnah itu
rasa sakit hati biasanya ga ilang sehari-dua hari, lama...
kalo dibunuh? ya sakitnya pas dibunuh doang, meninggal, ga ngerasain lagi
makanya fitnah itu lebih kejam, karena itu bikin orang ngerasain sakit dalam waktu lama

lebih baik cari banyak temen buat saling ngedoain dalam kebaikan daripada nyari musuh, ya gak? hati2 aja kalo ada yg ga suka sama kita, bisa2 kita jadi ga sukses gitu karena ada yg ga ikhlas karena dia masih sakit hati sama kita. 

di sini, gua cuma mau ngingetin kalian semua pemirsahh
sebisa mungkin, jaga perasaan orang2 di sekitar kalian
buat kalian yg merasa disakiti, kalo dia ga minta maaf, berusaha maafin dia, justru memaafkan itu bisa menghilangkan rasa sakit secara perlahan, Allah mencintai umatNya yg pemaaf :)

uehemmm, mungkin segini aja entri rani bijak kali ini
sekali lagi, cuma mau share, maap kalo ada yg kurang berkenan yaaa
sampai jumpa pemirsah

No comments:

Post a Comment