Thursday, July 22, 2010

biola stradivarius



Hingga kini, bunyi biola karya Antonio Stradivarius (murid dari Antonio Amati ) masih tidak terkalahkan dengan bunyi biola buatan siapapun. Bahkan untuk satu biola asli buatan Stradivarius dihargai lebih dari 3 milyar rupiah. Aura melodius biola ini, konon tidak ada yang sanggup menyamainya dan bahkan tidak ada satu orangpun yang mengetahui cara pembuatannya, karena sang pembuat biola ini , ANTONIO STRADIVARI dari Cremona Italia yang hidup tahun yang dilahirkan tahun 1644, ini telah membakar habis semua dokumen-dokumen tentang cara-cara dan ramuan biolanya itu sebelum akhirnya dia meninggal dunia pada tanggal 18 Desember 1737 di tanah kelahirannya, Cremona-Italia !!! Dari sekitar 1.100 instrumen musik karyanya, hanya 650 saja yang masih ada hingga saat ini. lebih lengkap --> click

Sebuah biola Stradivarius memecahkan rekor lelang termahal di balai lelang Christie.
Biola ini dikenal dengan julukan "The Hammer" alias "si Palu". Dinamakan demikian karena pernah dimiliki oleh Christian Hammer, seorang kolektor Swedia pada abad ke 19.
Biola Stradivarius ini telah berumur hampir 300 tahun, telah memecahkan rekor harga termahal yang pernah dibayarkan untuk sebuah alat musik. Terjual pada hari Rabu 17 Mei 2006 di balai lelang Christie New York, dengan harga fantastis US$ 3.5 Juta setara dengan 280 Milyar Rupiah.
Instrumen musik ini dibuat pada tahun 1707, yang telah mengalahkan harga penjualan sebuah biola Stradivarius yang lain pada tahun 2003, seharga US$ 2.03 Juta.
Pembelinya tidak disebutkan namanya, tetapi sumber dari balai lelang Christie New York menyebutkan dia adalah seorang pencinta dan pelindung seni musik klasik. Selama ini biola tersebut dimiliki oleh seseorang, yang sering meminjamkannya kepada orkestra ternama didunia.
Lelangnya sendiri berlangsung amat menegangkan, dengan reaksi-reaksi tercengang diperlihatkan oleh para penonton yang menyaksikan lelang tersebut. Tepukan yang amat meriah terdengar pada waktu tawaran mencapai US$ 3 Juta.

No comments:

Post a Comment